Minggu, 14 Oktober 2012

Peranan bahasa indonesia dalam konsep ilmiah


   Bahasa adalah sebagai alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi antar individu.Setiap negara memiliki bahasanya sendiri yang membedakan satu negara dengan negara lainnya. Bahasa juga dapat menjadi 'ciri khas' atau ' identitas' suatu bangsa itu sendiri, seperti Bahasa Indonesia yang digunakan oleh mayoritas penduduk Indonesia.


  Setelah penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, kita juga harus memikirkan siapa yang akan membaca serta tujuan dari tulisan tersebut. 

  Ketika seseorang ingin menyerap buah pemikiran yang telah diungkapkan dalam Bahasa Indonesia,seseorang yang ingin mengerti pemikiran ini haruslah mengerti Bahasa Indonesia yang digunakan oleh si penulis. Buah pemikiran atau karya ilmiah yang menggunakan bahasa baku serta formal tentu akan lebih mudah untuk dimengerti jika pembacanya mengerti mengenai aturan-aturan tersebut.

   Dari uraian diatas dapat disimpulkan apabila seseorang ingin mengungkapkan hasil pemikirannya menggunakan Bahasa Indonesia, maka tidak akan mengalami masalah dikarenakan di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, tentunya dengan mengikuti aturan-aturan yang ada sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar