Jumat, 07 Oktober 2011

resume : arti penting organisasi dalam masyarakat

 Tema saya kali ini adalah mengenai arti penting organisasi dalam masyarakat mengingat bahwa pentingnya oraganisasi dalam suatu populasi.

 Menurut Kochler, organisasi merupakan sistem hubungan yang terstruktur yang menkoordinasi usaha suatu kelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu.
 Menurut Wright mengatakan bahwa organisasi adalah suatu bentuk sistem terbuka dari aktifitas yang dikoordinasi oleh dua orang atau lebih untuk mencapai satu tujuan bersama.

Sebenarnya mengenai pendapat dari pada sosiolog di atas tidak ada perbedan yang mencolok,hanya saja penyusunan kalimatnya yang berbeda tetapi makna yang terkandung di dalamnya sama..

Yang menjadi dasar bagi pembentukan organisasi pada dasarnya adalah karena manusia adalah makhluk sosial yang dalam konteks ini adalah homo socius . Fakta tersebut adalah sebuah sifat kodrati. Manusia tidak mungkin dapat hidup seorang diri, lepas dari masyarakat, kelompok maupun kehidupan bersama komunitasnya. Manusia adalah makhluk yang berfikir dan dapat berkembang. Setiap manusia memiliki naluri untuk hidup bermasyarakat. Untuk mmemenuhi berbagai macam kebutuhan tersebut maka manusia harus melakukan kerjasama karena dia tidak akan mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Di situlah tingkat keterbatasan manusia yang merupakan cerminan bahwa manusia memerlukan kerjasama dan wadah itu terdapat dalam organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar